going deeper into Product Development

Efektivitas Total Personel – perlukah?

Salah satu KPI untuk proses produksi adalah OEE. Karena OEE lebih ditujukan kepada program maintenance dan design kemudahan proses manufaktur (design of manufacturability), maka beberapa peneliti mulai mengembangkan terhadap tingkat efktivitas manusia, sehingga dimunculkan OLE (Overall labour effectiveness).

Pada prinsipnya sifat Total (Overall) yang ada dalam satuan OLE adalah sama dengan satuan yang digunakan dalam OEE, yaitu:

– Ketersediaan: jumlah mangkir
– Performa: output (kompetensi dan produktivitas)/waktu standar
– Kualitas: hasil baik/total hasil

Ketiga faktor dari manusia tersebut dinilai dapat menggangu OEE; baik dari sisi Ketersediaan Mesin atau Performa mesin.

Namun kalau dilihat secara mendalam, sebenarnya OLE ini hanyalah sesuai apabila manusia dianggap sebagai mesin, misal pada industri padat karya dengan pekerjaan monoton.  Sehingga parameter OEE dapat langsung diterapkan kepada Manusia atau tenaga kerja.

– Ketersediaan:  jumlah mangkir, jam istirahat makan dan istirahat minum
– Performa: output /waktu standar (produktivitas)
– Kualitas: hasil baik/total hasil

Namun, walau begitu, apakah penggunaan OLE ini juga akan sefektif dengan OEE? Kemungkinan besar tidak akan sama. Pada Manusia terdapat hal lain yang dapat sangat berpengaruh kepada Manusia, walaupun terhadap manusia yang sangat kompeten-pun; yaitu Perasaan.

Maka penggunaan OLE, sebaiknya digantikan dengan program yang lebih sederhana, dan tidak menganggap   manusia sebagai mesin, yaitu dengan pengukuran:
– produktivitas pribadi/group; beserta susut (bahan baku dan produk jadi yang gagal)
– studi gerak: waste gerakan
– ergonomis: kenyamanan bekerja

Pengukuran produktivitas yang dihasilkan tidak akan berjalan dengan nilai yang tetap, oleh karena itu harus diikuti dengan seksama, dan namun simpangan yang terjadi bisa saja menjadi  +/- 3SD.

Pengukuran dan pendalaman produktivitas group akan menghasilkan:

– Komposisi group: jumlah anggota dan masing-masing peran anggota grup (Prinsip Kesetimbangan)

– Sistem  pembagian kerja: dalam group hendaknya ada seorang yang bertugas sebagai kapten group yang akan bekerja untuk mengatur irama dari seluruh anggota group (Prinsip Kepemimpinan)

Yang paling penting dalam group adalah prinsip Kejawen: Gotong Royong (GR) dan Kekeluargaan (KK); ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul. Tana ada prinsip GR dan KK, maka dipastikan hasil tidak akan maksimal.

Studi Gerak, sangat diperlukan untuk mengukur energi yang dikeluarkan vs hasil. Pembatasan kepada gerakan yang tidak berguna akan sangat bermanfaat terhadap energi manusia. Kondisi Energi dan cadangan energi pada manusia sangat berpengaruh Atensi (konsentrasi). Untuk itu, dalam pelatihan akan sangat membantu apabila digunakan Kamera perekam yang diperlihatkan kepada masing-masing individu dalam bergerak. Hal ini akan mendukung kondisi Kesadaran manusia.

Studi Gerak hanya akan berhasil apabila manusia yang melaksanakannya sadar akan gerakannya.

Ergonomis, bagaimana posisi tubuh terhadap kenyamanan manusia. Kenyamnan sangat diperlukan bagi manusia karena manusia bukan hanya perlu Sehat namun juga Bugar untuk dapat berprestasi. Kesehatan, merupakan kondisi dimana organ tubuh dapat berkerja secara normal. Kebugaran merupakan kondisi kecukupan energi, energi sel dan “energi dalam”  (Chi) yang dimiliki manusia. Ergonomis sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi Chi seseorang, sedangkan makanan sangat dibutuhkan untuk energi gerak.

Termasuk didalam studi kenyamanan adalah studi terhadap kenyamanan seluruh organ perasa manusia (indera + hati).

Manusia adalah mesin yang memiliki Perasaan,
me-mesin-kan manusia akan sukses
apabila dilengkapi me-memesin-kan Perasaan nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: