going deeper into Product Development

Proaktif – membuat manusia menjadi manusia

Pertama seseorang harus Sadar, kemudian dia akan dapat menyadari bahwa terdapat berbagai alternatif, bukan hanya ada satu pilihan tunggal saja. Maka hal tersebut akan membuat manusia menjadi manusia yang sesungguhnya.

Pada Wikipedia diterangkan bahwa istilah proaktif dikemukakan oleh Dr. Victor E. Frankl, pada bukunya yang berjudul: Mencari Makna Hidup. Dr. Frankl menggunakan istilah Proaktif untuk menggambarkan seorang manusia yang mengambil tanggung jawab terhadap hidupnya, daripada mencari penyebab di luar kendalinya. Frankl menekankan pentingnya keberanian, tekad, tanggung jawab pribadi dan kesadaran akan adanya pilihan, dengan mengabaikan situasi atau konteknya.

Stephen Covey, juga menggambarkan proaktif secara lebih jelas, walau lebih bersifat filosofis, yaitu sebagai lawan dari tindakan Reaktif. Dr. Covey menggambarkan reaktif serupa dengan gerak refleks. Sedangkan refleks merupakan respon yang tidak dapat dikendalikan. Refleks merupakan respon berdasarkan naluri atau insting, yang juga merupakan respons yang dimiliki oleh hewan.

Dalam kata lain, proaktif berarti bahwa manusia selalu memiliki alternatif atas apa yang dia perbuat, sesuai dengan keinginannya. Tanpa alternatif maka manusia hanya akan memberikan respon berdasarkan naluri saja. Hal tersebut setara dengan melakukan gerak refleks, atau lebih menyerupai kepada hewan. Respon atas gerak reflek tersebut tentunya bukanlah suatu hal yang bijaksana.

Dalam menghadapi suatu masalah atau sesuatu yang membutuhkan suatu respon, walau hanya dalam sekejab, manusia hendaknya tahu bahwa ia memiliki serangkaian alternatif, dan berdasarkan atas kemampuannya dalam mengendalikan pikiran dan perasaan, maka manusia barulah mengambil suatu keputusan. Suatu keputusan yang hartus juga diikuti dengan dengan tanggung jawab yang kemudian pada akhirnya akan memberikan suatu kebebasan bukan suatu penyesalan. Atau suatu keputusan yang tidak akan mengikatkan mereka ke dalam suatu penyesalan.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah keputusan apakah yang dapat dikatakan sebagai keputusan yang tepat?Keputusan yang tepat adalah suatu keputusan yang mendasarkan diri kepada suatu Kesadaran. Keputusan yang tepat adalah keputusan yang diambil dari pemilihan atas berbagai alternatif yang dimiliki. Tanpa adanya alternatif, makakeputusan tersebut masih dapat dikatakan sebagai respon yang reaktif.

Apakah dasar dari Proaktif?
Kiranya semua orang kni akan menyetujui bahwa dasar dari semua keputusan yang diambil oleh manusia adalah Kesadaran. Tanpa kesadaran maka persoalan yang sebenarnya akan terpendam dalam, dan kondisi lingkungan atau emosional akan membalutnya. Bagi pemula, hendaknya dalam mengambil keputusan sebaiknya melakukan penundaan sekejab untuk membangkitkan kesadaran atas adanya berbagai alternatif yang ada. Kemudian keputusan dapat dipilih, dan pada saat itu juga segala tanggung jawab yang menyertainya juga akan ditanggungnya.

Kesalahan terbesar dalam melakukan proaktif?
Kebanyakan orang menganggap bahwa melakukan respon sesuai dengan pendapat kebanyakan orang adalah suatu hal yang Proaktif.
Sebagai contoh: jika seseorang melihat orang lain berbuat kesalahan, maka sebagai respon proaktif adalah mengingatkan orang tersebut atas kesalahannya. Apakah hal tersebut benar? Tidak, jawabannya adalah Tidak benar. Dalam melakukan keputusan harus ada alternatif-alternatif, misalnya: (1) mengingatkan, (2) hanya melihat, (3) melihat dan mengharapkan orang tersebut menyadari kondisinya, (4) mengamati dan menanti apa yang terjadi selanjutnya, (5) lain-lain. Yang terpenting bukan tindakan yang diambil, namun bagaimana proses atas tindakan tersebut diambil, kemudian setelah respon tersebut diambil maka hal tersebut tidak akan mengikatnya atas tindakan tersebut. Respon yang diambil tersebut akan membebaskan dia dari persoalan selanjutnya. Hal lain yang mengikuti tindakan yang diambil adalah tanggung jawab yang akan dipikulnya secara suka rela, tanpa harus membebaninya lebih jauh.

Apa manfaat dari Proaktif?

Jika anda telah membaca Tebal Muka Hati Hitam, dan bertekad untuk   melakukannya sebagai sarana untuk mencapai tujuan, maka Proaktif akan membuat anda menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab. Kamu akan menjadi seseorang yang dapat bertanggung jawab secara ringan atas semua keputusan yang diambil, tanpa harus mencederai diri sendiri.

Kata singkat mengenai Proaktif

Kesadaran merupakan dasar dari Proaktif. Proaktif akan membeaskan dari penderitaan atas tanggung jawab yang diambilnya.

Dalam bukunya: Mencari Makna Hidup,
Frankl menuliskan: dalam hidup yang terpenting adalah memikul semua tanggung jawab dalam mencari jawaban yang benar terhadap permasalahan
dan melakukan semua kewajiban yang ada pada semua individu. (p.122)

2 Responses to "Proaktif – membuat manusia menjadi manusia"

ini copy tulisannya untuk menjelaskan arti proaktif, terimakasih🙂

Oooow.. Om Icot copas dari sini yaa? hehe..
Salam kenal buat writer-nya.. Terima kasih atas penjelasannya tentang proaktif yaa..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: